Kamis, 25 Desember 2008

MASBAR : Soto Padang



Ikutan event Masak Bareng Yuuk !!! Edisi akhir tahun 2008 ini dengan tema Soto Padang. Siip dech, cocok sekali makan yang hangat-hangat di musim dingin begini...:)



Sempat browsing sana-sini, akhirnya balik ke contekan dari Bunda tercinta. Bahannya disesuaikan dengan persediaan di dapur saya, jadinya Soto Padang modifikasi ala Umi Rina. Yuuk, langsung ke dapur...



Bahan :
500 gr daging sapi boneless, pisahkan urat dan lemaknya, potong tipis
5 tangkai cengkeh
3 btr bawang merah, haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
3 cm jahe, haluskan
1 sdt kunyit bubuk
3 cm lengkuas, memarkan
1 batang sereh, ambil putihnya, memarkan, ikat
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 1/2 sdm garam
1 sdm gula pasir
2 sdm minyak sayur untuk menumis
2 l air
1 sdt air lemon
daun bawang rajang halus

Pelengkap :
Kentang goreng
Daun seledri
Soun
Bawang goreng
Buah lemon
Kerupuk
Sambal Soto

Cara Membuat :
1.Rebus daging bersama cengkeh, buang cengkehnya jika daging sudah empuk.
2.Angkat daging tipis, tiriskan, pipihkan (saya pake ulekan), goreng sebentar, angkat, sisihkan.
3.Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ke dalam kuah rebusan daging.
4.Tambahkan bumbu lainnya, aduk rata, biarkan mendidih, cicipi.
5.Masukkan daun bawang, aduk rata, matikan api, siap disajikan.

Sajikan Soto Padang
hangat bersama nasi putih hangat seperti terlihat di foto.
*slurrrp* (ado yang nambo nie...)^-^

8 komentar:

Shinta mengatakan...

Awak mancicip samangkuk yo...! Slurp, lamak banaaa...:D

Shinta mengatakan...

Btw, fotonya cakep dan terang. Senang deh ngeliatnya, aku sekarang motretnya selalu malem dibantu lampu baca, jd fotonya seadanya gitu deh.. not too clear :(

umi rina mengatakan...

@Shinta,
Itu fotonya ada yang goyang, perhatiin dech... Soalnya motonya sambil 'digelayutin' Hasya chan...:D

Erik mengatakan...

Wahh asyik ya, mau dong..

A.G mengatakan...

aku datang... ngincip-icip soto padang disini :D ...

kl aku motretnya siang hari hehe...disini matahari jg udah pelit jam 3 kyk magrib suuebel..makanya masaknya musti pagi-2 kl pgn bs motret..

btw makasih ya mbak :)

ummurifqi mengatakan...

Suguhannya bikin ngiler.....
awas ada bumil yang mampir.... :)

Dapur Cantik mengatakan...

baru pertama kali mampir neh, dari soto padang di blog MasBar..salam kenal yaaaa.. :)

duCkY... mengatakan...

bagaimana rasanya ya..kayaknya enak deh mmmmmhhhh.. belum pernah makan sih soale....