Rabu, 03 Desember 2008

Cilok dan Cireng



Ingat jajanan jaman masih SD, bentuknya bulat ditusuk pake lidi, trus dicelupin dech ke bumbu kacang... Nilai gizinya bisa dibilang nggak ada kali ya, tapi buat iseng-iseng, nggak apa-apa dech... :)

Bikinnya ternyata mudah sekali, dan setelah direbus bisa dibuat Cireng juga, tinggal digoreng aja... Walaupun bentuknya nggak seperti cireng beneran yang pipih, tapi rasanya teuteup gurih...:)
Resep asli lihat disini, yang di bawah disesuaikan dengan cara saya...:)

Bahan :
200 gr tepung tapioka
4 sdm tepung terigu all purpose
1 sdm bawang putih bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt gula
250 ml air panas
daun seledri secukupnya, rajang halus

Cara Membuat :
1.Campur rata semua bahan kering.
2.Tuangi air panas sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis dan lentur, hentikan air.
3.Tambahkan daun seledri, uleni rata.
4.Bentuk bulat seperti membuat bakso dengan tangan dan sendok, masukkan dalam air mendidih yang dicampur 1 sdm minyak sayur (biar nggak nempel).
5.Biarkan mengapung tanda adonan telah matang.
6.Angkat, siap disajikan hangat dengan bumbu pecel instant, saos sambal dan kecap bila suka.
7.Untuk cireng, setelah mengapung, angkat, tiriskan, goreng dalam minyak panas.

2 komentar:

Lujenk mengatakan...

wah.... enak ni klo makan cilok. sdh lama gak makan, jd ngiler deh hemmmm....enyak....

oy mb,, klo aq senengnya cilok daging.

Yannie-Jepang mengatakan...

wah kenyal2 enak tuh cilok...jajanan waktu SD Mi...Nilai gizinya tetep ada dari tepung tapiokanya Mi...tapioka berasal dari pati singkong yang mengandung karbohidrat....Boleh juga dicoba nih...