Sabtu, 27 Desember 2008

Lorong Waktu



Pernahkah merasa waktu begitu cepat berlalu, sementara begitu banyak agenda yang belum direalisasikan? Atau mungkin pernah merasa waktu begitu lambat bergulir, sementara begitu banyak hal yang ingin diketahui kepastiannya?

Waktu, tidak bisa dimajukan atau tidak bisa dimundurkan semaunya. Kalaupun bisa, cuma ada di film-film khayalan tingkat tinggi, atau mungkin angan-angan semata...

Andai waktu bisa dikendalikan sedemikian rupa, alangkah banyak hal yang bisa dilakukan sesuai dengan apa yang dikehendaki.

Begitu berharganya nilai waktu seperti pepatah Time is Money (walaupun tidak selalu uang untuk ukuran berharga), dan waktu menjadi begitu penting karena apa-apa yang dikerjakan untuk mengisi waktu tersebut.

Jika seorang Nabi Besar Muhammad SAW selalu berdo'a,
"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari jeleknya apa-apa yang telah aku kerjakan, dan dari jeleknya apa-apa yang belum aku kerjakan" (HR. Abu Dawud)

Alangkah baiknya, jika kita bisa me-manajemen waktu kita dengan bijak. Dan alangkah bijaknya, jika kita bisa mereview semua waktu yang telah berlalu dan menjadi evaluasi dalam mengisinya dengan segala yang terbaik di waktu-waktu mendatang.

Demi masa.
Sesungguhnya manusia niscaya dalam keadaan merugi.
Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan,
Dan menasehati dengan kebenaran, dan menasehati dengan kesabaran.
(QS. Al 'Ashr 1-3)

4 komentar:

Fina mengatakan...

Islam adalah agama yang lengkap, segalanya diajarkan dan dibimbim oleh Islam demi kesuksesan umatnya, muslim sejati dituntut agar selalu berusaha dan berencana serta menggunakan waktunya dengan baik maka dialah sang aktor dalam sejarah, namum siapa yang terlena maka dia akan menjadi hilang sirna tanpa bekas.

KOnsep penggunaan waktu selalu menjadi hal penting jika kita menilik firman Allah di atas, semua manusia bisa dikatakan merugi dan menyia-nyiakan waktunya jika ia tidak menghabiskan waktunya dengan sesuatu yang bermanfaat. Shamuel Johnson memaparkan tentang lorong waktu "Masa depan itu dibeli oleh masa sekarang"


Nice post, Umi...

Bintang mengatakan...

iya umi...kalo bisa waktu di putar..aku akan perbaiki semua kesalahan yang pernah aku perbuat..sayang semuanya itu gak mungkin karena waktu berjalan maju n gak bergerak mundur

Rosa mengatakan...

eem...bentar lg th baru ya...rasanya cepet banget..

Atca mengatakan...

Met tahun baru Hijriah Ummi..
Semoga kedepan kita menjadi manusia lebih baik lagi..amin..