Rabu, 04 Februari 2009

Soto Sulung



Satu lagi pilihan menu soto yang dimiliki negeri tercinta, Soto Sulung. Berbahan dasar daging sapi dengan bumbu-bumbu khas tropis dan tanpa penambahan santan.

Resepnya lihat di dapurnya Uni Tika, makasih ya Uni... :) Biar lebih segar saya tambahkan pelengkap tomat segar, jadi ada warna merahnya. Rasanya memang maknyuuusz... *sluurrrp*

Bahan :
500 gr daging sapi boneless
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 btg serei, ambil putihnya, memarkan, ikat
3 cm lengkuas, memarkan
5 btr bawang meraah, haluskan
3 siung bawang putih, haluskaan
1 sdt kunyit bubuk
2 cm jahe, haluskan
1/2 sdt merica bulat, haluskan
garam-gula secukupnya
1 sdm air lemon
air untuk merebus
2 sdm fruits oil untuk menumis

Pelengkap :
Telur rebus iris
Daun bawang iris
Tomat iris
Kerupuk
Kecap manis
Sambal cabe rawit

Cara Membuat :
1.Rebus daging hingga setengah empuk, angkat, potong sesuai selera.
2.Tambahkan air, biarkan mendidih, masukkan kembali daging yang sudah dipotong-potong.
3.Masukkan daun salam, daun jeruk, serei, lengkuas, masak sampai daging empuk.
4.Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ke dalam rebusan daging, aduk rata.
5.Tambahkan garam dan gula, aduk rata, cicipi, tambahkan air lemon, matikan api.
6.Sajikan hangat bersama pelengkapnya.

9 komentar:

trie mengatakan...

icip-icip.....kayaknya pinter masak nich mbak?

Erik mengatakan...

Wah seger banget mbak sotonya.

Bisa buka restoran nih

Erik mengatakan...

Belum jadi juga nih kacamatanya. Gak tau kok lama banget.

Atca mengatakan...

wahhh jadi pengen bikin soto sulung nihh..contek resepnya ya Umi

Lyla mengatakan...

Umi... soto sulung aku suka tapi isinya dikit kalo saya beli hiks...

MJ mengatakan...

wah...kok bisa nemu bumbunya ya??? kan bumbunya khas bumbu jawa :)

mas zal mengatakan...

bunda hobi masak ya.... tapi bunda semapat gak memakannya? jangan2 dihabisin anaknya duluan. saking enaknya.

Penny mengatakan...

duh.. dah ngiler.. ngences nih...
dan ngidam pingin makan soto sulung jadinya hehehe

babalisme mengatakan...

soto sulung kalo di translate jadi Eldest soto.. hehieheeheihie
iseng2 ngeklik translator widget!