Jumat, 13 Februari 2009

Hana Makizushi



Makizushi atau Makisushi adalah salah satu jenis sushi dengan teknik pembuatannya yang digulung. Maki adalah gulung, dan zushi atau sushi adalah nasi sushi dengan aneka isinya. Lebih lengkap dan jelasnya bisa dibaca disini ya...





Yang menarik dari Makizushi ini adalah bentuk isiannya yang bisa beraneka ragam. Ada yang berbentuk hewan laut seperti kepiting, ikan dan cumi-cumi, bentuk kendaraan seperti mobil, bis dan pesawat, bentuk bunga, dan sebagainya.

Untuk membuat bentuk-bentuk tersebut bukanlah hal yang mudah, perlu keahlian khusus dan kehati-hatian. Namun begitu, saya coba buat salah satu bentuk hana (bunga) yang pernah diajarkan Kiyono san. Sayangnya, karena saya tidak dapat datang waktu itu, saya belajar membuatnya via Bunda Shinta, itupun via blog. Dan hasilnya ternyata masih jauh dari yang diharapkan... :(

Maksud hati bikin bentuk Hana, tapi kok penampakannya malah seperti crown ya??? :(( Setelah dapat satu gulungan Hana Makizushi, yang lainnya cukup bentuk biasa saja, karena si kecil sudah tidak sabar untuk makan sushinya... :)

Bersyukur, Kiyono san dan Nasahara san menawarkan untuk mengajarkan lagi teknik ini di musim Haru nanti. Mudah-mudahan nanti bisa ikutan ya... :)
Yang mau intip cara pembuatan Hana Makizushi selengkapnya disini ya. Selamat mencoba!!!

14 komentar:

bacablog mengatakan...

wah.. resep oke.. perlu dibagi :)
ijin ngikut blog ya :)

bonus:
[HOT]direktori blog baru: tempat blogwalking, ketemu blogger lain, skalian promosiin blog Anda. www.bacablog.com :)

Erik mengatakan...

Mau ikut ngintip resep ah.
Biar tau masakan Jepang

Penny mengatakan...

Umi... duh.. jadi pingin makan sushi buatanmu deh...
Honestly aku itu agak ragu klo makan masakan jepang, takut ada yg ngga sreg di hati ya...
tapi klo yang buat umi Rina, kayaknya ngga ragu lagi deh... pasti sreg di hati ....

Lyla mengatakan...

umi bikin makanan terus kalo kesini jadi laper hehehe

duCkY... mengatakan...

mm yummy..
mantaaappp!

mas icang mengatakan...

saya lum pernah tuh makan sushi dan sebangsanya? enak ngga tuh?
sushi apa kayak lemper ya kalau di indonesia?

T.D. mengatakan...

hwaaa gak hanya enak diperut, enak diliat juga. btw musim haru musim apakah itu? asyik bgt deh rin bisa blajar langsung sama yg punya masakan. sippp ditunggu postingannya loh ya.

ok d met wiken tuk rina sekel., peluk buat semuanya :)

Bang Izz mengatakan...

Duh..mba' Rin...

Kirim sepotong dong ke Indonesia...
eh..tepatnya ke Makassar....

Jadi pengen tau rasayanya Sushi itu....

Kira2 kalo makanan Indonesia rasanya mirip masakan apa c mba?

umi rina mengatakan...

@bacablog,
silahkan ngikut blognya, makasih...

@Erik, Penny, Lyla, Ducky,
Silahkan diintip fotonya dulu ya...:)

@Mas Icang, Bang Izz,
makanan Indonesia yg mirip2 mungkin lemper atau semar mendem ya, tp tetep aja beda dari komposisi dan pengolahannya. Untuk rasa, eehhhm, dulu saya juga nggak suka, tp kata anak2 & suami enak, setelah bikkin sendiri baru tahu dech memang enyaaak dan sehat...:)

@T.D.,
Haru itu musim semi, insya Alloh saya request minta diajarinnya bulan April, jadi harap sabar menunggu ya Uni... :)

Kodoy|Net|Blog mengatakan...

waduh... umi..umi..makin hari makin enak banget kayaknya makanannya...

jadi pangen dikirimin nih...:D

Teguh Prayogo mengatakan...

bu Rina, ini halal kan? seems delicious... yummy!!

bunda azka mengatakan...

kayaknya enak tuh..
jadi laper "wah2 perutku bunyi nih"

sii melyn mengatakan...

bulan maret ntar di tempat ana ada festival kebudayaan jepang gitu, kali aja ketemu makanan yang potonya ada di postingan ini.
nyam..nyam.. yummy..!!

tapi tetep pengen ngerasain buatan umi.. hmm.. pasti enak sangat..

yumaima mengatakan...

Hehehehehe...liat sushinya jadi keinget ama ayah kalo lagi bikin sushi....