Selasa, 24 Februari 2009

Soto Mie



Musim boleh berganti, dari Winter ke Spring. Herannya, yang namanya dingin tetep aja menyelimuti kota tempat kami tinggal. Kalo dingin begini, enaknya makan yang hangat berkuah seperti 'Soto Mie', satu variasi lagi dari negeri tercinta yang kaya dengan berbagai jenis soto...:)

Yang membedakan Soto Mie dengan soto lainnya adalah kikil dan risolesnya. Berhubung di tempat saya nggak ada yang namanya kikil dan nggak ada yang suka kikil, jadilah soto mie ini sesuai persediaan di dapur. Idenya dari koki handal Uni Tika, makasih Uni...

Bahan :
1 bungkus yakisoba (mie basah), buang bumbunya, rendam air panas, tiriskan.
350 gr daging boneless, potong dadu

Bumbu :
3 siung bawang putih, haluskan
3 btr bawang merah, haluskan
1 sdt merica bulat, haluskan
1/2 sdt kunyit bubuk
2 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun jeruk
garam-gula secukupnya
2 sdm minyak sayur untuk menumis

Pelengkap :
risoles soto mie
selada iris (aslinya kol)
tomat segar, potong kotak
daun bawang iris
sambal soto
kecap manis (bila suka)

Cara Membuat :
1.Rebus daging sampai setengah empuk, tambahkan air hangat bila dirasa kurang airnya.
2.Tumis bumbu halus dan bumbu lainnya sampai harum, masukkan ke dalam air rebusan.
3.Biarkan mendidih dan daging empuk, tambahkan garam-gula, cicipi, matikan api.
4.Tata mie dan pelengkapnya, siram kuah dan daging, siap disajikan hangat.

Untuk Risoles Soto Mie



Bahan :
125 gr tepung terigu
1 sdm katakuriko (tepung tapioka)
1 buah telur
1 sdm minyak sayur
1 sdt garam
250 ml air

Cara Membuat :
1.Campur semua bahan sampai rata tidak bergerindil.
2.Panaskan teflon diameter 20 cm.
3.Tuang adonan secukupnya, ratakan selebar permukaan pan.
4.Biarkan berkulit pinggirannya, lepaskan dari pan, sisihkan.
5.Lakukan sampai selesai, buat gulungan seperti kue dadar.
6.Goreng sampai kuning kedua sisinya, angkat, siap digunakan.

5 komentar:

esha di birulangit mengatakan...

pas laper2nya neh..jadi ngiler lihat risoles....wuih,,.....

The Dexter mengatakan...

Hik hik... jadi ingat istri... Apa yang harus aku lakukan nih... ambil hp ah.. eh hpku kan lagi mati... ambil sepeda pancal ah..wah jauh tempatnya... pake apa yah.. aaah pake motor teman saja...lah kuncinya nggak ada... wah naik angkot deh..tapi keburu pingsan... ya udah deh pesen lewat rumput saja... sembari jalan ke warung..hehehe....

Erik mengatakan...

Wah pake resoles ya...
Memang enak dimakan saat hari lagi dingin

Penny mengatakan...

ummmiiii ngiler banget dah diriku .....
buatnya perlu proses lama ngga ya?? krn pake buat risolesnya segala..
but kayaknya sih... uenak kali ya...

My Journey mengatakan...

wah...enak banget.... soto mie.. bund...seneng banget masak ya.. hehe..