Kamis, 26 Februari 2009

MASBAR : Rawon



Ikutan lagi event 'Masak Bareng Yuuk!!!' edisi Februari 2009. Tema kali ini adalah 'Rawon'. Ehhmmmm, cocok banget dech buat udara dingin yang masih peralihan winter ke spring...:)



Rawon ini buatku punya kenangan tersendiri. Pertama kali makan pas jalan sama temen-temen kampus ke kota berpasir 'Kediri'. Pertama kali nyobain, asli, nggak doyan. Tapi setelah makan untuk yang kedua kalinya, rasa dan penampakannya lebih meyakinkan karena buatan Ibunda tercinta dari suami, waaah, mantaaap... uenakkkk...:)

Hhhh, sedikit bernostalgia ya...:D
Ok, langsung ke dapur ngikutin resep dari Ibunda mertuaku tercinta...*kiss...*
O iya, terima kasih juga buat Bunda Shinta yang sudah bermurah hati memberikan kluwek, secara disini nggak ada yang jual gituan...Makasih banyak Bunda...:)



Bahan :
500 gr daging boneless, potong kotak
3 btr bawang merah, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
3 btr kemiri, haluskan
2 keping kluwek, ambil dagingnya, haluskan
1 sdt merica bulat, haluskan
1 sdt kunyit bubuk
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
3 iris lengkuas, memarkan
garam-gula secukupnya
2 sdm minyak sayur untuk menumis
air secukupnya (kurleb 2 liter)

Pelengkap :
telur rebus (aslinya telur asin)
toge (aslinya toge soto)
daun bawang iris halus
kerupuk udang
sambal ulek

Cara Membuat :
1.Rebus daging sampai empuk, buang kaldu yang menggumpal.
2.Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam dan lengkuas sampai harum.
3.Masukkan ke dalam air rebusan, aduk rata.
4.Tambahkan garam, gula, aduk rata, cicipi, biarkan kuah meresap dan agak susut.
5.Matikan api, siap dihidangkan bersama nasi putih hangat dan pelengkapnya.

Catatan :
*Rawon ini lebih sedap bila dimasak malam sebelumnya, supaya kuah lebih meresap.
*Untuk kluwek, bila agak sulit diolah, bisa direndam air hangat beberapa saat baru diulek.

16 komentar:

The Dexter mengatakan...

hik hik soto saja belum habis, sudha muncul rawon...:(( huhuhuuuuuuuuuuu....
Umi ga sayang sama perutku yah...

Lyla mengatakan...

wah.. tiap kesini mesti masakan deh... huhuh... sedihnya.. pengin gak bisa nyicipin :(

Atca mengatakan...

wahh aku juga suka Umi rawon...mirip sama sop konro...tapi sama2 enak...apalagi lengkap dengan cambah, sambel,krupuk udang dan telur asin...hmmm bisa habis 2 mangkok heheheh

guswal mengatakan...

nasi rawon rasanya seperti apa ya?

A.G mengatakan...

Wah ngiri aku ada kluwek aslinya.. aku pk kluwek kotak-kotak tp rasane sih tetep sama cm udah kupasan gitu.

Makasih ya Umi udah ikutan Masak Baren

Ikutan voting yuk di rumah masak bareng untuk menu bulan depan

http://masakbarengyuuk.blogspot.com/

Shinta mengatakan...

Waduh, kluwek-nya jadi model juga ya?!

Btw, aku mau titip kluwek sama mbak Ellyn. Tapi kalo dia ga keberatan nyariinnya ya.. ;)

mas icang mengatakan...

rawon makanan favorit saya bu. makanan khas jawa timur.

saya suka sekali pas istri buatnya.

kluweknya katanya juga harus milih yang udah terdengar kopong waktu dikocok-kocok.

bahkan milih kluweknya harus pas agar rasanya juga lebih mangtabssss...

Senoaji mengatakan...

pingsan dulu ahhh... keburu nyium baunya terus pingsan... laperrrrrrrrrr...

fahrizal mengatakan...

waduh kesukaan saya nih...
bisa di krim lewat wesel gak?^^

Rurie mengatakan...

Ikut ngicip rawonnya donk...punyaku juga udah mateng nih :)

elzenz mengatakan...

wah... lagi acara makan-makan rawon ya, kok diriku g diundang sih umi.. :) hehe..mau dong.!!

ADVINTRO mengatakan...

laperr pagi

lam kenal

Dapur Bia mengatakan...

Itu gambar kluweknya yah...maaf saya baru liat.mangakanya rawon saya pake bumbu jadi selain belum tau yg gimana kluwek dan susah di cari ..!

Fieya* mengatakan...

umi... makasih dh mw tukeran linkx...!! :))

wwaahh, kali ini msk rawon y..
iituu mskn ksukaan saya..!!

sedapnyaaa.... ^^

p3ny0 mengatakan...

Salam kenal mbak..

wah.. blognya asyik nih...
bikin selera makan jdi 'gedhe' coz isinya menu masakan smua.. he.he..

maju terus mbak... ganti menu yang laen... :D

Penny mengatakan...

rawonnnnn makanan favoritku tuh....
ehmmmmm yummy...