Rabu, 11 Februari 2009

Soto Betawi 'Special'



Walaupun hari ini adalah hari libur nasional, anak-anak sepakat berdiam di rumah karena udara Tsukuba yang sangat dingin. Karenanya, aku memutuskan untuk membuat menu yang agak 'Special' sebagai penawar hawa dingin, 'Soto Betawi Special'!

'Special' karena kandungan sotonya adalah hati sapi dengan pelengkap 'Emping' hadiah dari adikku di perantauan Bunda Shinta. Makasih banyak ya Bunda, anak-anak jadi tambah semangat makannya dengan emping itu... :)

Bahan :
500 gr hati sapi
3 siung bawang putih, haluskan
5 btr bawang merah, haluskan
2 buah kemiri, haluskan
1 sdt merica bulat, haluskan
3 iris lengkuas, memarkan
1 btg sereh, ambil putihnya, memarkan, ikat
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
garam-gula pasir secukupnya
1 sachet (60 gr) santan bubuk
2 sdm minyak sayur untuk menumis
2 liter air
Daun bawang iris kasar

Pelengkap :
Kentang Goreng
Telur Rebus
Tomat segar
Emping
Sambal Soto

Cara Membuat :
1.Rebus hati sapi setengah matang, angkat, tiriskan, potong dadu.
2.Buang gumpalan/busa yang tergenang di air rebusan hati sapi.
3.Masukkan kembali potongan hati, rebus bersama daun salam dan daun jeruk.
4.Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ke dalam air rebusan, aduk rata.
5.Tambahkan sereh, lengkuas, garam, gula dan santan bubuk, aduk rata.
6.Aduk sesekali sampai mendidih, cicipi, masukkann irisan daun bawang, matikan api.
7.Sajikan hangat bersama pelengkapnya menemani nasi putih hangat.

6 komentar:

KABASARAN mengatakan...

soto betawi bukannya yang pake santan itu ya ?.

Pangeran mengatakan...

Emang Libur apa? Umi ni tggl dmn sih?
tu kan, lo bkn menu pasti menggoda selera anak kost. hua-hua-hua

Erik mengatakan...

Wah gak ada yg jual emping ya disini?
Sotonya menggugah selera makan nih

Atca mengatakan...

wahh ini kesukaan hubbyku Umi..tapi kalo aku pake daging rawonan aja..pake jeroan taku kolesterol heheh..oh ya ngga dikasih santan ya Umi??

umi rina mengatakan...

@ Atca :
Iya pake santan. Berhubung santan cair kalengan sedang habis diganti dengan santan bubuk dech... :)

iam mengatakan...

bikin ngiler euy..