Sabtu, 21 Februari 2009

Kue Lumpur Mini



Kue lumpur adalah salah satu kue favoritku. Bentuknya sederhna, namun rasanya yang gurih dan sedikit manis, membuat kue yang satu ini tidak pernah membosankan.

Berhubung cetakan kue lumpur yang semestinya nggak punya, kebetulan ada cetakan 'takoyaki'. Yasut dech, pake cetakan ini juga bisa dan hasilnya 'Kue Lumpur Mini' versi Umi Rina... :)



Bahan :
300 gr kentang kupas, kukus, haluskan, sisihkan
75 gr gula pasir
1 btr telur ukuran L
220 ml susu cair
125 gr tepung terigu
1 sdt garam
1/2 sdt vanilli
50 gr minyak sayur
2 tetes pandan esssence untuk warna hijau
kismis, pisang, atau nangka secukupnya untuk topping

Cara Membuat :
1.Kocok telur dan gula hingga putih mengembang.
2.Masukkan susu cair, kocok speed rendah hingga rata.
3.Masukkan kentang halus, aduk rata dengan spatula.
4.Masukkan campuran terigu, garam dan vanilli, aduk rata (saring bila perlu).
5.Tambahkan minyak sayur, aduk sampai benar-benar rata, tambahkan pewarna hijau, aduk rata.
6.Panaskan cetakan, olesi margarine, tuang adonan 2/3 cetakan, beri kismis.
7.Tutup, biarkan matang, angkat. (kalau pakai cetakan takoyaki cukup 5 menit).
8.Siap disajikan.

12 komentar:

genial mengatakan...

huaaaaaaaaaa namanya 'kue lumpuuuuuurrr'... asik asik asiiikk...

o gtu yahh mba'... makasih atas pencerahannya yupp...

wedewww... pertamax nih?

Erik mengatakan...

bentuknya mini banget ya.

Makasih sharenya

bunda mengatakan...

boleh dicoba nih untuk cemilan teman minum teh di sore hari
terimakasih infonya
dan salam kenal dari bunda

budiawanhutasoit mengatakan...

aku suka kue 'lumpur'.
di medan susah nyarinya..
mau dong dikirimin..hehe

sii melyn mengatakan...

belom pernah makan kue lumpur..
huhu..

ndutyke mengatakan...

waw kue lumpur! aku ga suka sih, Umi. tapi suamiku suka. insyaallah kapan2 aku mau bikinin buat dia.

eh Umi, td aku niatnya mau bikinin pangsit buat suamiku, eh ga taunya salah beli kulit. malah beli kulitnya pastel, huehehehe...

Brigadista mengatakan...

wah wah wahh,... klo ada didepanku langsung abiss tuuh kuee...

Senoaji mengatakan...

cezzzzz... Umi... kok selalu postingannya gawat gini toh??? xixixiixixixix... secara aku ngeblog malem2 laper puoolll... terus liat yang giniannnnn... kalo jakarta banjir air, di leptiku dah buannyakkk dananu2 liar berterbangan [hayaahhh!!!!] cezzzzzzz... dulu ahhhh... rrrrrrr.... laperrrr... Umi telur ceplok... [hayahhh!!] wkwkwkwkwkwkwk

Fieya* mengatakan...

wah jadi pengen nyobain tuhh :))

Rumah Islami mengatakan...

makasih ya resep kue limpurnya...itu salah satu favorit saya mbak...mau coba ahhh...pasti ueennaaaakk....

Penny mengatakan...

ehm...yummy banget kayaknya nih....jd pingin coba nih

Ti mengatakan...

Itu cetakannya pake listrik ya umi?