Selasa, 17 Maret 2009

Takoyaki



Satu lagi menu dari negeri Sakura, Takoyaki. Takoyaki adalah sejenis gorengan mirip bakwannya Indonesia, hanya saja Takoyaki menggunakan gurita dan dalam membentuknya menggunakan pan khusus yang berbentuk bulatan.



Rasanya gurih, dan disajikan dengan sejenis saus yang rasanya asam manis gurih, bisa ditambahkkan mayonaise atau sambal saos kalau versi saya. Takoyaki ini sangat umum dijajakan di supermarket, restoran, namun tentunya harus diwaspadai komposisinya bagi Anda yang muslim.

Daripada beli jadi seharga 500 yen berisi 10 buah saja, lebih baik coba bikin seendiri yuuuk...:) Resepnya dari teman yang suaminya nihonjin (orang Jepang), Mama Ayreza di Kanagawa. Makasih ya Mam...:)

Resep berikut seperti biasa sudah dimodif sesuai persediaan, guritanya diganti udang sesuai selera pelanggan di rumah...

Bahan :
150 gr tepung terigu (aslinya tepung tako)
1/2 sdt baking powder
1 btr telur
350 ml air
1/4 sdt garam
1/4 sdt jahe bubuk
1/8 bagian kol rajang kasar
10 buah udang kupas, potong-potong (gantinya tako/gurita)
Tenkatsu (bubuk tempura), saya nggak pakai
Daun bawang iris halus

Taburan :
Nori biru, saya nggak pakai
Katsuoboshi (serutan skipjack tuna)

Saus :
Saus Tako
Mayonaise
Sambal saos bila suka pedas

Cara Membuat :
1.Campur rata tepung terigu, baking powder, garam, dan jahe bubuk.
2.Tambahkan telur dan air, aduk rata sampai licin, tambahkan kol dan daun bawang, aduk rata.
3.Siapkan cetakan tako, olesi minyak, biarkan panas.
4.Tuang adonan ke cetakan, tambahkan potongan udang.
5.Setelah agak berkulit pinggiran adonan, balik dengan bantuan sumpit.
6.Biarkan matang, angkat, beri taburan dan saus, siap disajikan hangat.

20 komentar:

Erik173921 mengatakan...

Saya simpan nih resepnya, kapan kapan ingin cicipin

assasincreed mengatakan...

wuih enak nih.hehe

Senoaji mengatakan...

*krucuk! kucuk!* kayaknya ueennaakkk tuh! Weks! gurita apa cumi?? ogah kalo gurita bayanginnya aja dah waaaaaaaa!!!

budiawanhutasoit mengatakan...

pasti rasanya enak..
apalagi kalo ditambah bakso sama tahu,trus diguyur kuah..
lha..itu bakwan malang ya..hehe

annosmile mengatakan...

aduh
jadi pengen makn takoyaki

shalimow.com mengatakan...

salam kenal
wah asyik juga blognya
apa bisa tukar link ya?
kalo berkenan kontak saya ya

thanks

joe mengatakan...

wah jadi lapar ni, mana dari tadi belum makan...

Lyla mengatakan...

bookmark aja deh resepnya umi :)

Atca mengatakan...

makasih umi..ntar kucoba deh...lagi seneng2nya masak nih hehehe

masakan kita mengatakan...

umi...aq coba ya resepnya...kayaknya enak tuh...

lindung mengatakan...

emmm emang enak.... aku pernah coba takoyaki yang dijual di sebuah Mall di Bandung... n yang beli pada antri karena enaknya dimakan hangat2.. klo bisa bikin sendiri pasti lebih enak ya umi...

duCkY... mengatakan...

kayak dimsum ya Umi...

bunda mengatakan...

sekilas bentuk cetakannya mirip untuk bikin kue lumpur ya umi.
hmmh jadi pingin nyoba.
terimakasih resep takoyakinya umi

ari ajah mengatakan...

wah ada makanan lagi di sini.. MAU DUUOOOONNNKKKK....

Penny mengatakan...

wah.. ini yg paling maknyus kayaknya Umi.....

brown sugar mengatakan...

Hahaha....gurita kegedean Umiii..yang ade cumi...lagian aneh tuh mi..bentuknya kek bikin kue apem ma kue lumpur....
Duhhh kalo dah baca bahan dasar dari binatang laut..langsung ilang napsunya......(secara ga doyan masakan dr binatang laut selain dimasak asem manis ma bebakaran duang)...btw mayan umi buat pengetahuan kali aja ntar buka restorant jepang....aminnnn huahahaha

Lyla mengatakan...

hehehe... siang2 liat makanan bawaanny laper...

Diary Pink mengatakan...

kalo sama sauce sambal uenak tenan hehhee

Didoy mengatakan...

wah umi... laperrr....
yup... tapi lebih miri dengan pentol goreng... umi pernah maen tu lum.... law belum kesini z.. ntar di traktir... :D

Anonim mengatakan...

kalo beli cetakannya di mana ya?