Rabu, 04 Maret 2009

Homemade Croissant



Siapa yang tidak berselera dengan 'roti prancis' yang satu ini. Keunikan tekstur rotinya yang berlapis-lapis dan rasanya yang asli 'yummy' dan 'crispy', selalu bikin penasaran untuk nambah terus, setidaknya buat keluargaku...:)

Secara tinggal disini, mau beli jadi tapi takutnya tidak aman kandungannya, belum lagi harganya yang selangit. Untungnya ada Om google, jadi bisa dech ngintip resep dan cara membuatnya dari berbagai sumber.

Resep berikut seperti biasa sudah dimodif sesuai persediaan dapurku...:))









ADONAN PASTRY DASAR
Bahan :
450 gr tepung terigu prot. tinggi
10 gr garam
15 gr gula pasir halus
50 gr margarin
200 ml air dingin
200 gr mentega padat

Bahan Olesan :
1 buah kuning telur
1 sdt susu cair
Campur rata keduanya

Cara membuat :
1.Campur rata semua bahan kecuali mentega padat, uleni sampai kalis.
2.Biarkan kira-kira 15 menit, letakkan diatas meja kerja beralas tepung, belah menyilang di tengah adonan, jangan sampai putus.
3.Buka tiap-tiap potongan hingga membentuk bintang, gilas tiap-tiap sisinya, biarkan bagian tengah tetap membetuk gundukan.
4.Letakkan mentega padat di atas gundukan, tutup dengan tiap-tiap sisi yang digilas tadi.
5.Gilas adonan bentuk persegi jangan bulat sampai setebal 2 cm.
6.Lipat kedua sisi ke arah tengah, kemudian lipat lagi menjadi 4 lapisan.
7.Biarkan 15 menit, gilas kembali dan lipat kembali seperti No.6.
8.Lakukan sampai 3 kali, pada gilasan terakhir, biarkan adonan sekitar 30 menit.
9.Gilas adonan sampai setebal 1/2 cm, potong-potong dan bentuk sesuai selera.
10.Masukkkan dalam lemari es, biarkan 10 menit, keluarkan, beri olesan dan oven 200 C sampai kuning kecoklatan.
11.Biarkan dingin, siap disantap dech...*nyam...nyam...*

Catatan :
*Penaburan tepung di meja kerja ataupun pada adonan boleh sering dilakukan agar adonan tidak lengket, banyaknya dikira-kira ya.
*Gunakan pemotong pizza saat memotong adonan yang sudah siap dibentuk agar adonan mudah lepas dan tidak melekat pada pisau.
*Pastikan adonan tidak lembek saat dikeluarkan dari lemari es, agar pada saat dioven adonan tidak 'banjir' minyak karena lelehan mentega padatnya.

11 komentar:

The Dexter mengatakan...

Umiiiiiiiiiiiiiiiiiii.... makanannya jangan hanya diposting dong...:(( hik hik... kasihan yang bacaaaaaaaaaaaa.........

dhie mengatakan...

uuuhhhmmm.... pastinya yummy banget dech.

jadi laper...

Erik43916 mengatakan...

Sanang mampir ke dapur di sini, banyak makanan, tapi cuma bisa ngeliatin aja he he he

Umi Rina mengatakan...

Buat para pengunjung,
Maaf beribu maaf
Bukan maksud hati bikin ngiler....:))

Doakan saja,
Jika sekarang baru bisa mampir di "Dunia Maya Bakery"
Siapa tahu, lain waktu bisa mampir di "Umi Rina Bakery"...*negeri di langit dotcom* :D

Kangmastyo mengatakan...

Amin, Kalo udah buka Umi Rina Bakery boleh dong jadi Quality Control alias tukan cicip hehe

Senoaji mengatakan...

Pingsan dengan sukses tanpa kruisan! BEK!

genial mengatakan...

yummyyyyyyyyyyyy....
aQ malah lebih suka croissant buatan Indonesia ketimbang buatan negeri asalnya.... yummyyyyyyyyyyyyy...

sepur mengatakan...

wuihhh........mak nyus!!
kirimin kita dong.
salam kenal

bunda mengatakan...

bener ummi, bikinan sendiri emang paling sedappp.
lain kali boleh tuh bunda dikirimin croissant bikinan umi, hemmh pastinya maknyuss ya ..hiks *ngarep modeon*

Penny mengatakan...

hmmmmm jadi MuPeng nih.. Muka Pengin.. pengin icip hihiii

donalduck mengatakan...

favoritku banget yang ini....
...hhhh.....mupeng ;)