Kamis, 07 Februari 2008

Onigiri dan Nasi Kepal

Tiap pagi, sambil menyiapkan bento, aku juga sibuk nyiapin sarapan pagi. Biasanya, anak-anak paling suka sarapan roti pake kacang hijau, atau kentang goreng. Tapi, yang namanya Hasya, biar ada pilihan menu segitu banyaknya, nggak pernah absen mintanya, "Giri..., giri...,giri..."


Kalo sudah ngomong begitu, mesti cepet-cepet dech dibikinin Onigiri...kalo nggak, waaah... bisa panjang rewelnya...Makanya, tiap pagi nasi putih harus sudah matang, trus tinggal ditaburi biji wijen, aosa kering, dan sedikit garam. Kalo pas lagi ada, aku suka tambahkan ikan salmon yang sudah disuwir-suwir atau serabut ayam. Habis itu, diaduk rata trus dikepal-kepal dech seukuran mulutnya Hasya...Jangan heran ya, ini onigiri special buatanku untuk si mungil Hasya, jadi beda dengan onigiri yang sebenarnya pake rumput laut. Nggak pake apa-apa aja, cuma nasi pake biji wijen trus dikepal-kepal, Hasya udah lahap banget makannya...:))

Ngomongin nasi dikepal-kepal, jadi inget sama Bunda tercinta...Salah satu tradisi di keluargaku adalah sarapan pagi. Harus! Nggak boleh nggak...Biasanya Bunda tercinta selalu siap dengan berbagai menu, mulai dari roti, kentang goreng, nasi goreng, ataupun nasi kepal...

Beda dengan kakak-kakak dan adikku, aku selalu memilih nasi kepal. Nasi kepal ini khas buatan Bunda. Nasi putih baru matang, ditaburi abon dan daun seledri iris, trus dikepal-kepal dech pake tangan Bunda yang penuh dengan aroma terlezat di dunia...(buatku loh :))...Menurut Bunda, nasi kepal ini juga sudah jadi tradisi keluarganya Bunda sejak Bunda masih kecil. Dulu, Omahku yang selalu rajin membuatnya, dan pelanggan paling setia yang selalu menghabiskan sepuluh kepalan nasi adalah Bundaku...:)

Dulu, aku nggak pernah ngerti kenapa aku suka nasi kepal. Tapi sekarang, setelah aku jadi seorang Ibu dan selalu bikin buat Hasya, aku jadi ngerti...
Ternyata, dibalik cara pembuatannya yang super gampang, citarasa terlezat yang terkandung di dalam nasi kepal dan onigiri tersebut berasal dari rasa cinta dan kasih sayang yang tulus dari seorang Ibu...hiks...
I really really miss u Mom...

Tidak ada komentar: