Rabu, 29 April 2009

Choux



Penasaran dengan rasa choux pemberian seorang sahabat yang dibeli dari sebuah toko kue. Harganya selangit dech, untuk 1 potong Jumbo Choux seharga 128 yen, atau sekitar 12.800 rupiah per potong!!! Padahal untuk rasanya nggak terlalu istimewa menurut saya. Yang agak menarik adalah rasa custardnya yang yummy dan ringan di lidah. Akhirnya, saya coba dech bikin sendiri, dan rasanya, hmmmm...nggak cukup satu potong dech :)

Choux ini nama lainnya kue sus, dan isinya bisa divariasi sesuai selera. Bikinnya gampang kok, hanya butuh kesabaran dalam memanggangnya. Resep berikut adalah resep cinta dari sahabat yang sudah pulang kampung, nun jauh disana, namun ilmunya tetap jadi pengingat dan obat rindu...*miss u much Mbak Nieke...*

Bahan custard (modified by Umi Rina):
2 buah kuning telur
60 gr gula
3 sdm tepung maizena
200 ml susu cair
20 mg lemon essence (gantinya vanilla essence)
240 ml whip cook, kocok menjadi cream

Cara Membuat :
1.Kocok kuning telur dan gula sampai putih.
2.Larutkan maizena dengan sedikit susu cair, masukkan ke adonan 1, aduk rata.
3.Panaskan susu cair dan lemon essence, tambahkan campuran tepung dan telur.
4.Aduk rata sampai meletup-letup, angkat dari api, biarkan uapnya hilang.
5.Tambahkan creamy whip cook, aduk rata, siap diisikan ke kulit.

Bahan Kulit :
90 gr margarine/butter
250 ml air
1/2 sdt garam
140 gr tepung terigu all purpose, ayak
3 btr telur ukuran M/L

Cara Membuat :
1.Masak margarine, air dan garam hingga mendidih.
2.Matikan api, masukkan tepung sekaligus, aduk rata dan cepat hingga adonan licin.
3.Biarkan uapnya hilang, masukkan telur satu per satu, aduk rata.
4.Panaskan oven 180 C selama 10 menit.
5.Masukkan adonan dalam piping bag, spuit secukupnya di atas loyang beralas kertas roti.
6.Oven 180 C selama 30-40 menit (sampai buih pada adonan hilang).
7.Keluarkan dari oven, letakkan di atas rak kawat, biarkan dingin.
8.Suntikkan custard, siap disajikan.

7 komentar:

Erik29497 mengatakan...

Mau dong dikirimin, ueenak banget...

duCkY... mengatakan...

umi umi... pinter banget sih buat kuehnya... mau dong kirim dimari, enak bener dari testimoninya umi..
sore gini... lapeeeeeeeerrrrr.....

ditambah ikan bakarnya tadi... wuaah... *udh lama sy ga makan ikan bakar...*

penny mengatakan...

wuah.. lama ngga kunjung kesini karena ngga bisa OL... eh.. sekali berkunjung dikasih makanan yang uenak banget kayak gini...
bungkus ya....

Yannie mengatakan...

Bikin sendiri ..walaupun capek...tapi kalau hasilnya yummy and seluruh pasukan di rumah menikmatinya...wah ...hilang tuh capeknya....

usman mengatakan...

aku juga pengen dikirimi kuena, tapi jangan lewat sms ya??? aku kan cowok, masak buat kue sendiri....

Atca mengatakan...

Ummi...aku hadir nih...pa kabar? semoga kabar baik yah..aku paling suka nih kue sus...apalagi yang flanya banyak susunya...hmmmmm mauuuuuuuuu

contactos en barcelona mengatakan...

It won't truly have success, I believe so.