Minggu, 26 April 2009

Mie Kocok Ala Umi Rina



Libur gini, enaknya makan yang berbeda dari yang biasanya. Kebetulan anak-anak sedang bosan makan nasi, jadilah mie menjadi pilihannya. Kalau biasanya saya buat mie ayam, kali ini saya coba bikin mie kocok khas Bandung ala Umi Rina...:)

Mie kocok ini favoritnya Ibunda tercinta nun jauh disana, karena aromanya yang kuat dengan kikil dan ceker ayamnya. Berhubung disini saya belum pernah lihat ada yang jual ceker ayam dan kikil yang aman dikonsumsi, jadilah sajian mie kocok berikut sesuai persediaan di dapur.



Yuk, langsung digarap dech...

Bahan :
2 bungkus yaki soba (mie kuning)
1 bungkus sawi hijau, iris kasar
1 bungkus toge, buang ekornya
1 ikat daun bawang, iris kasar
1 ikat daun seledri, iris kasar
2 potong paha ayam, rendam air lemon dan garam
3 potong ayam boneless, buang lemak dan kulitnya, rendam air lemon dan garam
5 siung bawang putih, haluskan, bagi dua
3 btr bawang merah, haluskan
1/4 bag bawang bombay, rajang halus
1 sdt merica bulat, haluskan
1 ruas jari jahe, memarkan
1 sdt pala bubuk
2 sdm kecap manis
3 tangkai cengkeh
2 lembar daun salam
garam dan gula
air rebusan

Pelengkap : Sambal Saos dan Bawang Goreng.

Cara Membuat :
1.Rebus paha ayam dengan cengkeh sampai empuk dan keluar kaldunya, buang busanya.
2.Angkat paha ayam, buang cengkehnya, tambahkan air sampai 2 liter, biarkan mendidih.
3.Tumis daun salam, bawang putih, merica dan bawang merah halus hingga harum, masukkan ke dalam kaldu, aduk rata.
4.Tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata, sisihkan.
5.Potong kecil-kecil ayam boneless, sisihkan.
6.Tumis jahe, bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan potongan ayam, tumis hingga berubah warna.
7.Tambahkan garam, kecap manis dan pala bubuk, aduk rata, masak sampai kering kuahnya, angkat.
8.Didihkan air, rebus sawi hijau sebentar, angkat, tiriskan.
9.Masih bekas rebusan sawi hijau, rebus toge sebentar, angkat, tiriskan.
10.Matikan api, masukkan mie, biarkan mie mengembang, angkat, tiriskan.
11.Tata dalam piring saji seperti di foto, siram kuah kaldu, siap disajikan.

15 komentar:

erik26496 mengatakan...

Hemm saya juga denga panganan ini.
Memang ceker ayam disini kurang aman dikonsumsi?

umi rina mengatakan...

@Erik,
Nggak ada yg jual Bang Erik...kalaupun ada, mesti dipesan via internet. Nyarinya mesti yg ada label 'halal'nya baru aman...:)

annin mengatakan...

Enaknya ...mengundang selera..,kapan2 mau nyoba ah,tp ayam bolenes apa umi?kok kayaknya ditempatku gak ada

annin mengatakan...

Enaknya ...mengundang selera..,kapan2 mau nyoba ah,tp ayam bolenes apa umi?kok kayaknya ditempatku gak ada

annin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
penny mengatakan...

wuah.. ini salah satu makanan favoritku lho Umi.
yg saya tahu, ada mie kocok Bandung dan mie kocok medan.
ini yang mana kira-kira ya???

ngicip dari jauh ah.. pas nih di makan ujan2 kayak gini..

penny mengatakan...

maaf.. ngga baca dg teliti, ternyata ini mie kocok ala Bandung. Hiks..hiks.. maaf ya.. Umi

bunda mengatakan...

wowww... enak banget nih disantap selagi hangat ... langsung bawa mangkok ah, maklum lagi lapar berat nih.. makasih umi rina, sedap banget euy

BERT972 mengatakan...

Enak nich,banyak resep mustajab

umi rina mengatakan...

@bunda annin,
Ayam boneless itu ayam yang nggak ada tulangnya bunda...:)

deena yang maniiiiisss sekaliiii mengatakan...

kalo dibaca resepnya mudah ya Mi... liat fotonya ngilerrr bangeet... Top markotop euy!

BLOG KULINER mengatakan...

duh, resepnya menggiurkan...yummy :P
kalo mau tau tentang tempat makan enak or kuliner di Bandung atau macam2 tips dateng aja ke blogku yah ^^...

MOEL'S BLOG mengatakan...

bagi resep lainnya yah..sedapp:)

Iqbalsandira mengatakan...

Mauuuuuuuuu......!!!!! Kirim ke Makassar satu mbak...tambah bulet deh jadinya..hehehe

Anonim mengatakan...

diazepam drug diazepam valium vs xanax - different types valium pills