Minggu, 05 April 2009

Apple Pie



Ada apel nganggur, hampir seminggu nggak diutak-atik sama anak-anak. So, akhirnya dibuatkanlah pie buah apel atau bahasa kerennya Apple Pie. Aroma apel memang selalu menggoda selera, apalagi kalau baru saja dipanggang, eehmmmm.....

Resep asli nyontek dari Uni Tika di Sweden, makasih ya Uni...:)
Dan seperti biasa sudah mengalami beberapa perubahan sesuai persediaan dapurnya Umi Rina...;)

Bahan Kulit :
175 gr tepung terigu all purpose
125 gr butter
1 btr telur

Bahan Isi :
1 buah apel merah besar
25 gr butter
50 gr gula pasir
125 ml whiiped cook, kocok menjadi cream
2 sdm cream cheese
1 btr telur, kocok lepas

Cara Membuat :
1.Siapkan loyang bongkar pasang diameter 20 cm, olesi margarine, sisihkan.
2.Campur dan uleni bahan kulit sampai rata, bulatkan, simpan dalam lemari es minimal 1 jam.
3.Keluarkan dari lemari es, giling di atas meja kerja bertabur terigu sesuai diameter loyang, lebihkan sampai setinggi setengahnya tinggi loyang.
4.Sementara panaskan oven suhu 200 C, tusuk-tusuk dasar adonan dan pinggiran adonan dengan bantuan garpu.
5.Tutup loyang dengan aluminium foil, oven selama 15 menit, biarkan sampai apel siap ditata.
6.Kupas apel, buang tengahnya, iris tipis membujur sesuai ketebalan kulit pie.
7.Cairkan butter, masukkan gula biarkan larut, masukkan apel, aduk rata, biarkan mendidih, angkat.
8.Tata apel dalam loyang, sisihkan.
9.Panaskan kembali oven suhu 200 C, sementara didihkan cream dan cream cheese sambil sesekali diaduk.
10.Masukkan telur kocok, adukk rata, angkat dari api (jangan dimasak).
11.Siram saus diatas apel, oven selama 20-25 menit.
12.Siap disajikan hangat atau dingin, eehhmmmm....*slurrpp*

12 komentar:

lintang mengatakan...

nyami...nyami...pingin cepat-cepat bikin, trims resepnya . salam kenal.

kiraitomy mengatakan...

perut kenyang hati senang

Erik54929 mengatakan...

Hem nyam nyam nyam
Makasih ya resepnya

brown sugar mengatakan...

Umiiiiiiiiiiiiiiiiiii
Padahal baru tadi pagi beli apple pie yang di jual di hypermart
Beli mentahnya yang tinggal digoreng tapi..
Hmmm makasih banyakkkkk umi
Besok besok kalo ada apple nganggur dibikin deeeee
ga rugi add neh blog..banyak resep enakkkkkkk...Ciamikkkkk

Penny mengatakan...

hmmmmmm yummy yummy yuummy apalagi klo dimakan masih hangat ya.. Umi??

duh.. umi satu ini top dah klo urusan masak memasak.. salut deh...

Septian mengatakan...

Waduh laper....mahal juga beli apel nya :D .. lam kenal nih

duCkY... mengatakan...

yummy....
kapan saya dikirimin aple pie kayak gini ya mi....?

kawanlama95 mengatakan...

kirim resepnya bu, tapi bahannya ada kan?

Lyla mengatakan...

ummi minta apple pie nya jogja lagi ujan lebat hiks...

Diary Pink mengatakan...

paling suka sama apple pie, kalo ke toko roti yang dicari apple pie :)

bunda mengatakan...

hemmhhh bagi sepotong aha buat temen minum teh nih..hehe
makasih Umi... insya Allah mau saya cobain untuk acara libur weekend ini

singamaraja mengatakan...

Singamaraja melawat laman anda