Kamis, 29 Januari 2009

MASBAR : Tom Yum Goong



Ikutan lagi nich event 'Masak Bareng Yuuk!!!' edisi Januari 2009. Temanya Tom Yum Goong, atau sup udang pedas khas Thailand.



Rasa pedas dan asam yang dominan membuat panganan ini cocok untuk dinikmati di musim dingin seperti sekarang. Dijamin setelah makan sup pedas ini, mata jadi melotot dan semangat untuk berkarya!!!

Resepnya dimodifikasi dari berbagai sumber, dan satu bahan saya nggak nemu, daun ketumbar. Yasut dech, nggak pakai daun ketumbar juga ok kok... :)

Bahan :
20 buah udang ukuran sedang, kupas, belah punggungnya
5 buah bakso ayam, belah dua
jamur hokio, belah-belah
1 potong ayam boneless

Bumbu :
3 tangkai cengkeh
2 siung bawang putih, haluskan
1 buah bawang merah, haluskan
1 sdt ebi kering, haluskan
3 buah cabe merah thailand, haluskan
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 batang sereh, ambil putihnya, potong 3 cm, memarkan
3 lembar daun jeruk
1 buah tomat ukuran sedang, rajang kasar
garam-gula secukupnya
1 sdm air lemon
air untuk merebus

Cara Membuat :
1.Rebus ayam boneless bersama air dan cengkeh sampai keluar kaldunya.
2.Saring air kaldu, angkat ayam dan cengkeh.
3.Masak kembali air kaldu yg sudah disaring tadi, masukkan semua bahan bumbu, kecuali air lemon.
4.Aduk rata, biarkan mendidih, masukkan udang, bakso ayam, jamur, aduk rata.
5.Setelah mendidih, cicipi, tambahkan air lemon, aduk rata, siap disajikan.

3 komentar:

Shinta mengatakan...

Slurp! aku nyicip ya... :D

Penny mengatakan...

peni berusaha suka ama masakan ini, tapi kok ngga pernah bisa ya?? karena perasaan rasanya agak aneh aja hihhiii
tapi mungkin klo yg masak Umi Rina rasanya jadi lain kali ya???

Lyla mengatakan...

mbak kalo aku tom yam nya beli aja deh enal tinggal makan heheh