Rabu, 21 Januari 2009

Pentingnya Timetable Bagi Anak



Timetable tidak hanya penting dalam dunia usaha, tetapi juga sangat berguna bagi keluargaku. Timetable begitu penting untuk anak-anakku, terutama yang sudah usia sekolah.

Untuk masing-masing anak, dibuatkan timetable harian untuk hari sekolah dan hari libur, yang disusun berdasarkan rutinitas kegiatan mereka dan tentunya dengan berdiskusi dengan mereka. Banyak negosiasi, tetapi harus tetap pada sasaran yang ingin dicapai.

Dengan adanya timetable, menjadi acuan bagi anak-anak untuk bisa mengatur kegiatannya masing-masing, kapan waktu untuk sholat, mengaji, belajar, bermain, istirahat, makan, menonton, di depan komputer, ataupun kegiatan lainnya.

Dengan adanya timetable, anak-anak bisa dengan mudah mengoreksi apakah yang mereka lakukan sudah sesuai dengan yang telah disusun. Dan bagiku juga memberi kemudahan dalam mengingatkan mereka.

Dengan adanya timetable, anak-anak bisa lebih berdisiplin diri dan fungsi kontrol orangtua bisa lebih mudah direalisasikan.

5 komentar:

Atca mengatakan...

setuju sekali Ummi..anak2 memang harus diajarin disiplin dari kecil..dengan timetable anak2 jadi lebih mudah mengatur waktu dan jadwalnya..
nice post ummi

Thole mengatakan...

Bener Umi Rina...kalo mulai kecil anak-anak sudah disiplin...wah... uenaaknya...besok kalo anak-anak udah gede...qta ortu gak perlu teriak-teriak seperti tukang parkir... saya udah ngerasain enaknya lho... Selamat berjuang mbesarin anak-anak yaa...

JelajahiDuniaEly mengatakan...

salut ... disiplin memang perlu diterapkan sejak kecil

bunda azka mengatakan...

Anak-anak memang harus dibiasakan dan diajari disiplin sejak dini, agar kelak dia bisa bertangung jawab. Setidaknya dia bisa bertanggung jawab pada dirinya sendiri.

Mama GaYa (Gammas - Aya) mengatakan...

setujuuuu ummi....!! lebih mudah membimbing mereka jika mereka telah belajar disiplin sejak dini