Kamis, 03 April 2008

Homeschooling

Yaser, putraku yang ketiga, usianya sudah 3 tahun 3 bulan. Di usianya yang masih terbilang balita, dia sudah ingiiiin sekali bersekolah, seperti mas-masnya, Amr dan Irham.

Sering kali Yaser bertanya ke aku, "Umi, kok Mas Iam sekolah terus?? Aku kapan sekolahnya?? Aku mau sekolah juga..."
Aku senang sekali, karena Yaser sudah punya keinginan positif yang sangat kuat. Aku sebagai orangtua, tentu saja ingin sekali menyalurkan keinginannya. Sayangnya, di tempat kami tinggal, ada peraturan yang mencantumkan syarat usia untuk bisa bergabung di sekolah Taman Kanak-kanak milik pemerintah. Untuk bisa bergabung di Taman Kanak-kanak tahun pertama (TK Kecil), usia anak harus 4 tahun. Atau bisa saja sekolah di swasta, dan tentunya ada aturan-aturan lainnya, yang buat kami orang asing, agak sulit untuk dipenuhi...:(

Buat aku pribadi dan suamiku, Taman Kanak-kanak bukanlah satu-satunya solusi untuk Yaser. Bersekolah tidaklah selalu di dalam wadah yang formal khan?? So, aku dan si Abi berusaha semampu kami untuk bisa menyalurkan keinginan Yaser dengan menjadikan tempat tinggal kami sebagai sekolah, alias HOMESCHOOLING.

Ide tersebut bermula dari temanku yang kebetulan kepala sekolah di sebuah Taman Kanak-kanak di Jakarta, tempat anakku, Amr, sekolah TK dulu di Jakarta. Kami sering bertukar pikiran, bertukar pengalaman dalam hal pendidikan anak. Terima kasih banyak ya Ibu Aida...:)

Dari beliaulah, aku dan Abi membawa cukup persediaan buku 'preschool' dan Taman Kanak-kanak dari Jakarta. Alhamdulillah, buku-buku tersebut sangat bermanfaat, bahkan sempat aku pinjamkan kepada pihak sekolah TK nya Irham untuk bahan pembelajaran kepada siswa lain, teman-temannya Irham, yang notabene adalah Nihonjin/orang Jepang.

Nah, belakangan, aku dapat visit nich dari teman baru, Mbak Lala, yang ternyata adalah salah seorang pemerhati dan pelaksana Homeschooling Indonesia. Wah, aku senang sekali dech, wawasanku jadi tambah luas dan tambah 'pede' menjalankan Homeschooling buat anakku Yaser dan juga Hasya, yang usianya baru 1 tahun 8 bulan.

Sekolah Rumah? Kenapa nggak....:))

2 komentar:

Lala mengatakan...

Homeschooling memang asyik kok mbak. Selain kita bisa atur sendiri "asupan" pendidikan untuk anak-anak kita, banyak hal yang bisa dihemat.. terutama uang gedung dan uang seragam hehehe... ^_^

Umi Rina mengatakan...

Bener banget Mbak Lala...Kayaknya memang harus ada pencerahan nich buat pendidikan di Indonesia, yang nggak jauh dari 'Uang Gedung' dan 'Uang Seragam'...:))