Minggu, 16 November 2008

Bakso Kuah



"Bakso.... Bakso...." Libur gini nich, jadi tukang bakso! Sementara teman-teman menikmati pemandangan di gunung Nikko, aku malah jadi tukang bakso:( Ya, nggak apa-apa tho, namanya juga buat keluarga tercinta. Malah asyik, dingin-dingin ngumpul di rumah sambil makan bakso dech...:D

Baksonya sengaja dibuat 2 macam, bakso sapi dan bakso ayam, secara Yaser dan Hasya belum bisa makan bakso sapi dengan sempurna.
Untuk kuah baksonya, berhubung nggak nyetok daging sapi bertulang, kaldunya aku ambil dari kulit ayam dech. Kata anak-anak sich, "Oishikatta....." (Enaaaaakkkkkk...)

Bahan :
Mie soba, buang bumbunya
Soun
Sawi hijau, potong kasar
Toge, buang ekornya
Daun seledri, iris halus
Bakso sapi
Bakso ayam
Kecap manis
Bawang merah goreng
Sambal bakso
Sambal saos

Bahan Bakso Sapi :
250 gr daging sapi giling
1 buah kuning telur
50 gr tepung tapioka
1 sdm bawang putih bubuk
1 sdt garam
1/4 sdt lada bubuk
1 sdm bawang merah goreng

Cara Membuat :
1.Giling semua bahan dalam food processor sampai kalis.
2.Buat pentolan dengan tangan dan sendok, masukkan dalam air mendidih.
3.Biarkan terapung, angkat, tiriskan, siap digunakan.

Bahan Kuah :
2 liter air
2 buah kulit ayam
5 tangkai cengkeh
3 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt lada bulat, haluskan
1 sdm saus tiram
garam dan gula secukupnya
daun bawang, iris halus
daun seledri, iris halus

Cara Membuat/Penyajian :
1.Seduh mie soba dan soun dengan air panas, biarkan lentur,tiriskan, sisihkan.
2.Rebus toge dan sawi hijau terpisah, biarkan agak layu, tiriskan, sisihkan.
3.Masak air kuah bersama kulit ayam dan cengkeh, biarkan keluar kaldunya.
4.Angkat kulit ayam dan cengkeh, masukkan bumbu halus dan saus tiram, aduk rata.
5.Setelah mendidih, tambahkan garam, gula, daun seledri dan daun bawang, aduk rata, cicipi, masukkan bakso, matikan api.
6.Tata dalam mangkuk saji mie soba, soun, sawi, toge, daun seledri, bakso, kecap, sambal, kemudian siram kuah dan taburi bawang merah goreng.
7.Siap disantap hangat.....*sluuurp*

1 komentar:

Yannie-Jepang mengatakan...

Buat keluarga ..pasti dengan senang hati Umi bikin makanan spesial yang enyak dan bergizi...apalagi pasti lariss manizzz..Iya nih jalan ke Niko kehujanan jadi kurang menikmati nih...