Kamis, 27 November 2008

The Soccer Club



Mendukung minat anak sesuai dengan bakat dan kemampuannya, adalah salah satu hal penting dalam proses tumbuh-kembang anak. Dan menjadi tanggung jawab orangtua untuk bisa memperhatikan dan melihat minat anak tersebut sedini mungkin.

Untuk Amr kun dan Irham kun, kebetulan kedua putra kami ini mempunyai minat yang sama di bidang olahraga, yaitu 'soccer'. Karenanya, kami mengikutsertakan kedua putra kami ke dalam klub sepak bola sekolah, Azuma Soccer Club.

Untuk Amr yang sudah kelas empat, latihan dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. Hari selasa pagi sejak pukul tujuh pagi sampai delapan pagi, kemudian langsung belajar di kelas seperti biasa. Di hari sabtu atau minggu sejak pukul 2 siang sampai pukul empat sore. Dan sejak kelas empat ini, kegiatan bertanding semakin padat. Apakah itu pertandingan antar klub soccer sekolah, ataupun pertandingan antar klub di tingkat kota ataupun wilayah.

Untuk Irham yang masih kelas satu, latihan dilakukan setiap hari sabtu atau minggu mulai pukul satu siang sampai pukul dua siang. Biasanya ada undangan melihat pertandingan profesional di luar kota, sehingga dapat semakin memotivasi minat anak-anak untuk giat berlatih.

Untuk Amr sendiri, minat sepak bola ini sudah terlihat sejak ia masih di taman kanak-kanak di Jakarta dulu. Amr pun kami ikut sertakan di dalam klub sepakbola TK-nya dan sempat mengikuti Turnamen Futsal antar TK se Jakarta Selatan. Minat ini terus berlanjut ketika Amr di sekolah dasar dan bergabung di dalam klub sepak bola sekolahnya yang kebetulan adalah klub sepak bola terbaik untuk wilayah DKI Jakarta.

Dengan mendukung minat anak-anak, ternyata tidak hanya mengembangkan kemampuan anak sesuai bakat dan kemampuannya, tetapi juga memotivasi anak di dalam proses belajar di sekolahnya, terutama secara moral/mental. Anak menjadi lebih percaya diri dengan kemampuannya, bisa membina kerjasama yang baik dengan teman di dalam mengikuti proses belajarnya.

Jadi, jangan takut untuk mendukung minat anak Anda, tentunya sesuai dengan bakat dan kemampuan anak...

Tidak ada komentar: