Rabu, 29 Oktober 2008

'Amdal'

Ada yang nggak tahu apa itu 'Amdal'?Pastinya dah pada tahu dong ya... Apalagi kalo orang yang biasa berhubungan dengan proyek lingkungan, 'Analisis Masalah Dampak Lingkungan'.
Tapi, yang saya maksud disini, bukan yang itu... mau tahu???:)

Amdal yang saya maksud disini adalah Amalan Andalan. Pernah tahu ya cerita tiga orang pemuda yang terkurung didalam gua, kemudian ketiganya terbebas dari gua karena mempunyai Amalan Andalan.(HR. Bukhori).

Amalan Andalan tidaklah harus sesuatu yang dahsyat ataupun sesuatu yang luar biasa. Bisa jadi Amalan Andalan adalah sesuatu yang ringan, tetapi dikerjakan dengan khusyu' dan rutin, sebisa mungkin tidak pernah ditinggalkan.

Seperti amalan yang dilakukan Bilal yang membuat Nabi sungguh terkejut mendengar suara sandal Bilal di surga, padahal Bilal masih dalam keadaan hidup di dunia. Amalan apakah gerangan yang dilakukan Bilal? Ternyata, amalan sholat sunnah setiap selesai berwudhu.

Jadi, marilah kita mempersiapkan diri kita dengan memiliki Amalan Andalan, apakah itu sholat sunnah dhuha, sholat sunnah setelah berwudhu, sholat sunnah malam, puasa sunnah, membaca Al Qur-an, ataupun Amalan Andalan lainnya, yang kelak dengan amalan tersebut bisa mempertemukan kita dengan wajah Alloh SWT.

Sst, Amalan Andalannya jangan dicerita-ceritain ya, ntar malah jadi Amalan Batal lho... :)

(Originally from Fa'aina Tadzabun, Nuansa Persada Online)

1 komentar:

ummurifqi mengatakan...

Setuju mba...