Minggu, 27 Juli 2008

Donat Special



Ini donat khusus pesanan Yaser. Nyontek resepnya NCC, disesuaikan dengan persediaan di dapur, aku cuma bikin seperlimanya aja...

Ternyata rasanya mantapsz... Nggak rugi dech bikinnya lumayan 'ribet'...:D



Bahan :
A :
850 gr tepung terigu cakra (aku pake kameria)
30 gr ragi instant
10 gr garam
550 ml air matang

B:
200 gr tepung terigu cakra (aku pake kameria)
10 gr garam
60 gr susu bubuk FC
125 gr gula pasir
100 gr telur
125 gr mentega putih/shortening

Cara Membuat :
1.Aduk rata bahan A, bulatkan dan tutup wadah dengan wrap, biarkan 90 menit.
2.Tambahkan bahan B ke dalam bahan A, uleni sampai kalis selama kurleb 10 menit.
3.Tutup lagi dengan wrap, diamkan selama 15 menit.
4.Gilas adonan setebal 1 cm, diamkan selama 10 menit.
5.Cetak dengan cetakan donat, diamkan lagi 10 menit.
6.Panaskan minyak baru dengan api kecil, goreng donat hingga kecoklatan.
7.Angkat, tiriskan, gulingkan dalam gula tepung, siap dimamam...

Catatan :
* Resep di atas aku pakai seperlimanya saja.
* Untuk telur aku pakai 1 bh kuning telur.

3 komentar:

duCkY... mengatakan...

FC itu apa ya Mi? *maaf banyak tanya, maklum orang baru belajar masak*...trus mentega putih emang ada dijual ya? *mohon bimbingannya..* hehe

umi rina mengatakan...

FC itu singkatan dari Full Cream say... :)
Untuk mentega putih, biasanya orang lebih kenal shortening yang berguna untuk membuat adonan crispy. Tapi harus waspada, shortening ada yg berbahan dasar hewani dan ada yg nabati, untuk amannya pakai yg nabati aja yach... :)

Caramel mengatakan...

bagus nih mbak resepnya... :D
Tapi lama banget ya bikinnya. Hehehe... :D