Minggu, 31 Mei 2009

Meron Pan



Special Request dari anak-anak, sudah lama sekali. Berhubung ada saja kesibukan yang tidak bisa dihindari, akhirnya baru hari ini dibuatkan sebagai menu sarapan pagi.
Meron pan atau Melon Pan ('L' dibaca 'R' oleh lidah orang Jepang) adalah salah satu jenis roti yang cukup terkenal di Jepang ataupun di beberapa negara di Asia lainnya seperti Korea ataupun China.

Sebutan Meron Pan bukan karena isinya atau ada kandungan buah Melon di dalamnya, melainkan karena bentuknya yang seperti melon *masa' sich?* :) Setidaknya itu menurut beberapa literatur yang saya baca dari berbagai sumber.

Yang jelas ini adalah salah satu jenis roti, dan rasanya memang unik karena merupakan perpaduan antara adonan roti dan adonan kuker sehingga menampilkan cita rasa kelembutan dan kerenyahan. Dan buat anak-anak, buatan rumah memang punya kesan tersendiri. Ehmmmmm.....:)





Resep berikut nyontek dari sini nich, dengan beberapa modifikasi tentunya...:)

Bahan :
Roti :
200 gr tepung terigu prot. tinggi
1 sdm ragi instant
2 sdm gula
1 buah kuning telur
100 ml susu cair
30 gr butter/margarine
1/2 sdm garam

Kuker (Topping) :
40 gr gula
50 gr butter/margarine
1 btr telur
200 gr tepung terigu serba guna
1/4 sdt Baking Powder
1/4 sdt garam

Gula Pasir Halus sebagai topping

Cara Membuat :
1.Campur rata bahan kering roti (kecuali garam)dengan whisker, tambahkan telur dan susu uleni rata.
2.Tambahkan butter dan garam, uleni sampai kalis (kurleb 20 menit).
3.Bulatkan, tutup wrap, biarkan mengembang dua kali lipat (kurleb 1-1,5 jam).
4.Sementara, buat adonan kuker, kocok butter dan gula sampai putih dan creamy.
5.Tambahkan telur, kocok rata.
6.Tambahkan campuran tepung, garam dan BP, aduk rata.
7.Bentuk silinder, bungkus wrap, simpan dalam kulkas selamaa 30 menit.
8.Kempiskan adonan roti, bagi menjadi 10 bagian, bulatkan, biarkan 20 menit.
9.Keluarkan adonan kuker, bagi menjadi 10 bagian, pipihkan diameter 10 cm.
10.Satukan adona roti dan adonan kuker, adonan kuker sebagai topping.
11.Tata dalam loyang beralas kertas roti, beri jarak, taburi gula pasir halus.
12.Bentuk dengan pisau roti seperti foto di atas.
13.Preheat oven 180 C=10 menit, oven adonan selama 15 menit.
14.Keluarkan dari oven, siap disajikan hangat.

12 komentar:

senoaji mengatakan...

Wualaahhhh!!!! perasaanku udah berkata 'krucuk krucuk krucuk' buakalan kesandung laper kalo nekat buka blog Umi, Bweh!!! ternyata bener!

duhh itu roti ginuk ginuk gitu

nyamnyamnyamnyamnyamnyam

Yannie mengatakan...

Wah asyikk ada melon pan...
Kalau ditambah essence melon lebih siip deh kayaknya, jadi makan melon betulan tuh...

BTW,Insyaallah nanti ikutan kumpul2 kalau waktunya cocok Umi...
Makasih ya....

dwina mengatakan...

nyammm...nyammm... enak umi enak nih roti
hmmm .. tak bawa pulang ke rumah jeruk ya umi.
makasih umi hhihiihih

penny mengatakan...

penasaran nih.. kayak apa ya.. rasanya pas digigit? empuk ato kres..kres ya.??
kue yg baru buat saya nih..

Shinta mengatakan...

Sugoii.. ada meron pan :) yuuk tukeran yuuk...

annosmile mengatakan...

wah..
enak nih
jadi ngiler nih..
males bikin tapi juara klo disuruh nyicip

sii melyn mengatakan...

huehe..
kalo roti mah ane doyan banget umi.
yum..yum..yummy..

donalduck mengatakan...

umi kapan dina bisa ngerasain roti buatan umi ini..atau masakan umi lainnya....
ngiler mi tiap baca sinopsisnya, dan bisa simpen resep2nya doang... ga tau kapan dibuatnya hihi...

Top 10 Google mengatakan...

Wah terima kasih, udah kasih resep yang roti yang bener-bener unik, bisa dicoba, kayaknya asyik buat dirumah! bisa juga buat mengisi hari yang kosong!

ircham mengatakan...

kok jadi laper ya....

hehehehe...

salammkenal....

mirzam mengatakan...

mi .postingan nya selalu bikin laper .ya udah sarapan dulu ah

blogger senayan mengatakan...

apa kabar
mantab, rasanya gimana ya
tx