Senin, 25 Mei 2009

Bakso Malang



Punya kulit pangsit yang sudah hampir kadaluwarsa. Mau dibuat siomay, tapi tenggorokan rasanya 'seret' kalau makan bumbu kacang. Akhirnya dibuatlah "Bakso Malang" yang banyak kuahnya, dan ternyata anak-anak suka sekali...:)

Karena Yaser dan Hasya masih agak sulit mencerna bakso daging sapi, kali ini saya buat baksonya dari daging ayam. Hmmm....

Bahan Isian Tahu dan Kulit Pangsit :
30 ekor udang, kupas dan buang kotorannya
1 potong (100 gr) daging ayam boneless, buang lemak, urat dan kulitnya
1 ikat daun bawang, rajang halus
1 sdm meres garam
1 sdt bawang putih halus
1/4 sdt lada halus
seujung pisau gula pasir
1 sdt fruits oil

Cara Membuat :
1.Giling daging udang dan ayam dengan food processor sampai halus.
2.Pindahkan dalam wadah, tambahkan bahan lainnya, aduk rata.
3.Isikan ke dalam tahu siap dikukus.
4.Isikan ke dalam kulit pangsit siap digoreng.

Bahan Kuah :
1 potong paha ayam bertulang
1500 ml air
5 siung bawang putih, haluskan
1 sdt lada bulat, haluskan
1 sdm saos tiram
1 sdm garam
1/2 sdt gula pasir
1 ikat daun bawang, rajang halus
1 ikat daun seledri, rajang halus

Cara membuat :
1.Rebus ayam dalam air sampai kaldunya keluar, angkat ayam, sisihkan.
2.Masukkan bumbu halus dan bumbu lainnya, aduk rata sampai mendidih.
3.Tambahkan daun bawang dan daun seledri, aduk rata, matikan api.

Bahan Bakso Malang :
Bakso Ayam
Tahu Isi
Pangsit Goreng
Mie Kuning
Sambal Bakso
Kecap Manis
Daun Seledri
Bawang Goreng

Penyajian :
1.Tata mie kuning, bakso ayam, tahu isi, dan pangsit goreng.
2.Siram kuah, bubuhi daun seledri, bawang goreng, kecap dan sambal basko bila suka.
3.Sajikan hangat bersama keluarga.

9 komentar:

donalduck mengatakan...

umiiii jago banget sih buatnya...
pengen maem nih, jadi laper apalagi kalo hangat2....manteeb!

atca mengatakan...

wahhh...mau Umiiii...jadi laper niii

penny mengatakan...

wah.. enak banget pasti ini.. mau dong...
jadi pingin pulang kampung nih...langsung icip yg aslinya hehe

Erik-25597 mengatakan...

hemm kesukaanku nih. Tau aja Umi

sii melyn mengatakan...

ckckck..
kalo masak sih, umi jag0nya.
Huehe..
jadi laperr..

Gadget and Technology mengatakan...

whats? bakso dari daging ayam? wah kek gimana ya rasanya *penasaran* baru kali ini denger bakso daging ayam.

oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk. ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan 'manjakan mata, telinga dan waktu anda ...'. awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

Farrell De Mohammad mengatakan...

aku kok kalo goreng kulit pangsit..cuma sebentar yah garingnya..abis itu melempem dehh..gimana sih caranya umii supaya garing terus???

rachmat mengatakan...

bakso malang is the best deh

Obat Kolesterol mengatakan...

seger nih kalo udah kerja makan yang gini :)